Formulir Kontak

 

Event Handling - Menambahkan Warna Teks dan Background [PYTHON]

Modul yang digunakan :

  • PyOpenGL
  • pillow
  • OpenGLContext

Source Code : 


from OpenGLContext import testingcontext
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *

# Koordinat x dan y untuk posisi kotak
pos_x = 0
pos_y = 0

# Warna Kotak
merah = 0
hijau = 0
biru = 0

# Warna Teks
teks_merah = 1
teks_hijau = 1
teks_biru = 1

# Teks Warna Objek
warna_objek = "Hitam"

# Teks Warna Background
warna_background = "Hitam"


def init():
    glClearColor(0.00.00.01.0)
    gluOrtho2D(-500.0500.0, -500.0500.0)

#Perintah untuk menambahkan teks TIMES_ROMAN size 24
def drawBitmapText(string,x,y,z) :
    glRasterPos3f(x,y,z)
    for c in string :
        glutBitmapCharacter(GLUT_BITMAP_TIMES_ROMAN_24,ord(c))

def reshape(wh):
    glViewport(0,0,w,h)
    glMatrixMode(GL_PROJECTION)
    glLoadIdentity()
    gluOrtho2D(0,w,h,0)
    glMatrixMode(GL_MODELVIEW)
    glLoadIdentity()

def drawText():
    glColor3f(teks_merah,teks_hijau,teks_biru)
    drawBitmapText("Warna",-460,-350,0)
    drawBitmapText("Objek : " + warna_objek,-460,-400,0)
    drawBitmapText("Backgorund : " + warna_background ,-460,-450,0)  

# Membuat bentuk kotak
def kotak():
    global pos_x, pos_y
    glColor3f(merah,hijau,biru)
    
    glBegin(GL_POLYGON)
    # Kiri Atas
    glVertex2f(-50 + pos_x,-50 + pos_y)
    # Kanan Atas
    glVertex2f(50 + pos_x,-50 + pos_y)
    # Kanan Bawah
    glVertex2f(50 + pos_x,50 + pos_y)
    # Kiri Bawah
    glVertex2f(-50 + pos_x,50 + pos_y)
    glEnd()

def display():
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT)

    drawText();

    glColor3f(1.0,1.0,1.0
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex2f(-500.00.0)
    glVertex2f(500.00.0)
    glVertex2f(0.0500.0)
    glVertex2f(0.0, -500.0)
    glEnd()
  
    glPushMatrix()
    kotak()
    glPopMatrix()

    glFlush()

def input_mouse(buttonstatexy):
    global merah, hijau, biru
    global warna_objek
    
    # Saat mengklik kanan warna kotak akan berubah menjadi warna hijau dan biru
    if button == GLUT_RIGHT_BUTTON and state == GLUT_DOWN:
        if hijau < 1:
            merah = 0
            hijau = 1
            biru = 0
            warna_objek = "Hijau"
        elif biru < 1:
            merah = 0
            hijau = 0
            biru = 1
            warna_objek = "Biru"
        print("Klik Kanan ditekan ""(", x, ",", y, ")")
     # Saat mengklik kiri warna kotak akan berubah menjadi warna merah dan hitam
    elif button == GLUT_LEFT_BUTTON and state == GLUT_DOWN:
        if merah < 1:
            merah = 1
            hijau = 0
            biru = 0
            warna_objek = "Merah"
        else:
            merah = 0
            hijau = 0
            biru = 0
            warna_objek = "Hitam"
            
        print("Klik Kiri ditekan ""(", x, ",", y, ")")

def input_keyboard(key,x,y):
    global pos_x, pos_y
    global warna_background
    global teks_merah, teks_hijau, teks_biru

    # Untuk mengubah posisi kotak

    if key == GLUT_KEY_UP:
        pos_y += 5
        print("Tombol Atas ditekan ""x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_DOWN:
        pos_y -= 5
        print("Tombol Bawah ditekan ""x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_RIGHT:
        pos_x += 5
        print("Tombol Kanan ditekan ""x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_LEFT:
        pos_x -= 5
        print("Tombol Kiri ditekan ""x : ", pos_x, " y : ", pos_y)

    # Untuk Mengubah Warna backgorund window
    
    # Background Kiri Atas berubah warna menjadi Merah
    if pos_x < 0 and pos_y > 0:
        glClearColor(1.00.00.01.0)
        warna_background = "Merah"

        teks_merah = 0
        teks_hijau = 0
        teks_biru = 0

    # Background Kanan Atas berubah warna menjadi Hijau
    if pos_x > 0 and pos_y > 0:
        glClearColor(0.01.00.01.0)
        warna_background = "Hijau"

        teks_merah = 0
        teks_hijau = 0
        teks_biru = 0

    # Background Kanan Bawah berubah warna menjadi Biru
    if pos_x > 0 and pos_y < 0:
        glClearColor(0.0,0.0,1.0,1.0)
        warna_background = "Biru"

        teks_merah = 1
        teks_hijau = 1
        teks_biru = 1

    # Background Kiri Bawah berubah warna menjadi Hitam
    if pos_x < 0 and pos_y < 0:
        glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0)
        warna_background = "Hitam"

        teks_merah = 1
        teks_hijau = 1
        teks_biru = 1   

def update(value):
    glutPostRedisplay()
    glutTimerFunc(10,update,0)

def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(500,500)
    glutInitWindowPosition(100,100)
    glutCreateWindow("Pertemuan 9 - Font dan text pada Event Handling")

    glutDisplayFunc(display)

    glutSpecialFunc(input_keyboard)
    glutMouseFunc(input_mouse)

    glutTimerFunc(50, update, 0)   

    init()
    glutMainLoop()
    
main()


Output : 


Total comment

Author

kangmasrizqi

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply